Tips Memilih Makanan Untuk Penderita Diabetes

Tips Memilih Makanan Untuk Penderita Diabetes,- Penyakit diabetes atau yang sering dikenal dengan penyakit kencing manis ini merupakan kondisi dimana kadar gula darah dalam darah meningkat sehingga menimbulkan adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan tetapi kadar gula yang ada dalam tubuh bisa di kontrol sehingga untuk lebih menjaga agar penyakit ini tidak menjadi lebih parah. dengan begitu penderita penyakit ini di tuntut untuk lebih selektif dalam mengatur pola makannya, baik itu dalam segi jumlah, jenis makanan dan jadwal .

Kurangnya jumlah insulin dalam tubuh mengakibatkan penderita penyakit diabetes untuk lebih waspada dalam menjaga kadar gula agar tidak melonjak di dalam darah . Mengapa demikian karena kadar gula darah yang tinggi setelah makan dapat mengakibatkan timbulnya komplikasi penyakit seperti penyakit jantung dan gangguan pada pembuluh darah. Makanan yang di konsumsi pun penting untuk di perhatikan karena upaya untuk menjaga tubuh agar penyakit diabetes anda tidak menjadi lebih parah. bukan hanya penderita penyakit diabetes saja yang harus menjaga kesehatan tetapi orang yang tidak mempunyai penyakit diabetes pun harus menjaga kesehatan salah satunya bisa dengan menjaga kesehatan dengan herbal



Makanan yang harus di pilih oleh para penderita diabetes haruslah yang mengandung potasium,magnesium,Vitamin A,Vitamin C,Vitamin E,kalsium, dll . sedangkan makanan yang tidak boleh untuk di konsumsi yaitu makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah anda . Berikut ini merupakan Tips Memilih Makanan Untuk Penderita Diabetes :
  • Tomat
Buah yang satu ini sangat kaya akan vitamin C, vitamin E, zat besi , dan antioksidan lain nya. selain dari itu tomat juga mengandung lutein dan likopen yang dapat melindungi ginjal dan pembuluh darah dari kerusakan akibat diabetes . salah satu penelitian di australia mengemukakan bahwa mengkonsumsi jus tomat setiap hari dapat mengutangi resiko penggumpalan darah yang sering terjadi pada  penderita diabetes.
  • Kunyit .
Selain sebagai bumbu di dapur para ibu ternyata kunyit juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh khususnya untuk penyembuhan penyakit diabetes. Kunyit ini sudah di gunakan sebagai ramuan untuk menjaga kesehatan oleh masyarakat india karena di yakini kandungan yang terdapat di dalam kunyit dapat mengatur metabolisme lemak dalam tubuh .
  • Bayam
Kandungan yang terdapat di dalam bayam yaitu mineral magnesium,fosfor,folat,potasium,vitamin K dan seng. selain dari itu bayam juga mempunyai kandungan senyawa lutein,zeakanthin dan flavonoid. sehingga sayuran yang satu ini sangat bagus untuk di konsumsi oleh penderita penyakit diabetes.
  • Brokoli
Studi yang di lakukan oleh Warchik Universty yang di muat dalam jurnal " Diabetes" melaporkan bahwa kandungan yang terdapat di dalam brokoli yaitu senyawa sulfo raphane yang dapat melindungi dan memperbaiki dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular akibat diabetes. Zat yang terdapat di brokoli memicu proses anti flamasi , meningkatkan mekanisme detoksifikasi alami dalam tubuh dan mengontrol kadar gula darah. Brokoli pun mempunyai kandungan kromium yang dapat membantu meningkatkan kadar insulin dalam tubuh .
  • Blueberry
Buah yang satu ini mempunyai kandunagn antosianin , senyawa kimia yang alami yang dapat mengecilkan sel dan menstimulasi produksi adiponektin, hormon yang mengatur kadar gula darah. meningkatkan kadar adiponektin dapat menjaga agar kadar gula tetap rendah dan meningkatkana sensitifitas tubuh terhadap insulin.
  •  Minyak Zaitun 
Salah satu penelitian yang di lakukan di spayol yang di terbitkan di jurnal Diabetes Care menunjukan bahwa diet ala mediterania yang menyertakan minyak zaitun dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2 hingga hampir 50% di bandingkan dengan diet rendah lemak. Diet dengan menggunakan minyak zaitun mampu mencegah resistensi insulin dan penimbunan lemak perut.

Semoga bermanfaat artikel mengenai  Tips Memilih Makanan Untuk Penderita Diabetes dan selamat untuk mencoba

Salam sehat 

Related Posts:

0 Response to "Tips Memilih Makanan Untuk Penderita Diabetes"

Posting Komentar

Dapatkan Harga Diskon Menarik dan Promo Untuk Pembelian Lebih Dari 3 Botol Gratis Pro Slimming Tea Klik Disini !!!